Demam Berdarah Dengue Penyakit Mudah Menular

Demam Berdarah
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on tumblr
Share on digg
Share on stumbleupon
Share on pocket
Share on xing
Share on whatsapp

Demam berdarah dengue adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue. Ada empat macam virus dengue. Nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albocipictus adalah nyamuk yang menyebarkan virus dengue melalui gigitannya, oleh karena itu penyakit demam berdarah adalah penyakit yang mudah menular.

Gejala Demam Berdarah

Orang yang mengalami penyakit DBD akan mengalami beberapa kondisi. Kondisi tersebut muncul 4-7 hari hari sejak gigitan nyamuk dan berlangsung selama 10 hari. Penderita akan mengalami demam tinggi mencapai 40 derajat celsius selama lebih dari 2 hari. Nyeri kepala yang hebat, nyeri pada otot, sendi, dan tulang, nyeri pada bagian belakang mata, nyeri pada ulu hati yang disertai mual dan muntah.
Nafsu makan menurun, pembengkakan kelenjar getah bening, terdapat bercak bintik merah di kulit yang tidak hilang walau ditekan, ditarik, diregangkan dan lain sebagainya sekitar 2-5 hari setelah demam. Bisa mengeluarkan darah dari hidung (mimisan), muntah darah, dan melalui buang air besar yang diakibatkan menurunnya jumlah trombosit dalam darah. Penderita bisa pucat, gelisah, ujung kaki dan ujung tangan dingin.

Demam Berdarah Dengue

Demam Dengue merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Virus ini masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti yang hidup di wilayah tropis dan sub tropis. Kita bisa menenmukan nyamuk ini pada benda-benda yang memungkinkan air tergenang, seperti tumpukan kaleng bekas, sampah botol plastik, tempat penampungan air seperti kamar mandi dan lain-lain. Biasanya nyamuk-nyamuk ini berkeliaran di waktu pagi hari sampai sore menjelang petang. Kedua nyamuk ini dapat menggigit pada saat itu. Seseorang akan tertular ketika nyamuk tersebut menggigit dang menghisap darah orang yang sudah terinfeksi virus dengue. Ketika nyamuk tersebut menggigit orang lain maka virus akan tersebar.

Nyamuk berperan sebagai pembawa virus dengue tersebut.
Virus tersebut mengganggu organ liver (hati) serta meningkatkan permeabilitas pembuluh darah kapiler di tubuh kita. Hal ini menyebabkan turunnya trombosit serta kebocoran plasma darah. Trombosit yang rendah ini akan melemahkan dinding pembuluh darah, sehingga gejala perdarahan dapat terjadi.
Virus ini mudah menyerang bayi, anak-anak, orang lanjut usia dan orang dengan kekebalan tubuh yang lemah dan mereka yang tinggal atau bepergian ke daerah tropis.

Gejala Demam Berdarah pada anak

Beberapa gejala yang harus diperhatikan orang tua ketika anak menderita sakit demam yang menunjukkan gejala penyakit demam berdarah yaitu bila anak mengalami demam selama tiga hari tanpa batuk dan pilek. Anak terlihat lemas, tidak nafsu makan dan minum, mual, muntah, diare dan nyeri pada perut. Kemudian muncul bintik-bintik kemerahan kecil di beberapa bagian tubuh.

Anak harus segera dibawa ke Rumah Sakit

Anak harus segera dibawa ke rumah sakit apabila mengalami syok dengue yaitu apabila terjadi kegagalan sirkulasi darah untuk memenuhi kebutuhan oksigen ke seluruh jaringan tubuh, hal ini bisa menyebabkan kematian.
Ketika anak mulai kesulitan minum juga harus diperhatikan karena cairan tubuhnya bisa tidak mencukupi, dalam keadaan seperti ini anak bisa mengalami muntah berulang dan produksi air seni berkurang.
Orang tu harus segera membawa anak ke Rumah Sakit ketika dia mengalami pendarahan aktif dengan ciri sebagai berikut yaitu tinja berubah warnanya menjadi hitam, gusi mengalami pendarahan yang sulit berhenti hingga muntah darah.
Trombosit berkurang Hitungan trombosit kurang dari 100.000 per mikroliter dan disertai dengan peningkatan hematokrit lebih dari 20 persen.
Ketika kondisi anak terlihat memburuk, mual, dan nyeri di perut bagian bawah yang amat sangat. Perhatikan jarak rumah dengan Rumah Sakit, jangan tunggu anak mengalami syok dengue tetapi segera berangkat ke Rumah Sakit.

Gejala DBD pada Bayi

Gejala Demam Berdarah yang menyerang orang dewasa dan anak-anak yang cukup besar, berbeda dengan gejala Demam Berdarah yang menyerang bayi. Anak-anak yang agak besar dan orang dewasa yang menderita Demam Berdarah akan mengalami panas tinggi mendadak, nyeri pada anggota tubuh seperti kepala,bola mata, punggung,sendi dan muncul ruampada kulit, sedangkan gejala yang muncul pada bayi dan anak-anak yang masih kecil adalah demam ringan dan munculnya ruam makulopapular yaitu ruam berbentuk bintik-bintik merah.

Cara Mengobati Demam Berdarah

Bila penderita sudah mengalami gejala demam berdarah sebaiknya segera bawa ke dokter. Dokter akan memberikan resep obat penurun demam untuk menjaga agar suhu tubuh menjadi stabil. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan obat anti demam golongan paracetamol untuk penderita DBD. Berikan obat penurun panas sesuai aturan dan hentikan ketika suhu tubuh stabil.
Penderita DBD harus istirahat dan memiliki asupan cairan yang cukup. Berikan air putih, jus buah atau cairan elektrolit secara bertahap agar penderita tidak mual dan muntah. Berikan makanan yang lunak dan kaya akan nutrisi terutama Vitamin C dan Zat Besi untuk memperkuat daya tahan tubuh. Bawalah penderita ke Rumah Sakit apabila mengalami kondisi Kondisi kegawatdaruratan yang perlu diwaspadai antara lain lemas, telapak tangan dan kaki terus-menerus dingin, muntah terus-terusan, kejang, mimisan, dan pendarahan lain.

Penerapan 3 M untuk Menghadapi Demam Berdarah

Biasanya apabila terdapat penderita di suatu lingkungan,maka RT/RW setempat akan melakukan fogging. Fogging adalah salah satu cara untuk mengendalikan vektor penyakit khususnya nyamuk. Caranya adalah dengan menyemprotkan racun serangga untuk membunuh nyamuk dan jentiknya pada tempat-tempat yang biasanya menjadi sarang nyamuk. Namun pencegahan yang lebih baik sebenarnya adalah bukan dengan fogging, melainkan dengan menjaga kebersihan dan menghilangkan jentik nyamuk. Memberantas jentik-jentik nyamuk (larva) lebih mudah dilakukan daripada mengendalikan saat larva sudah menjadi nyamuk dewasa. Nyamuk Aedes aegypti berkembang biak di genangan air yang bersih di sekitar kita.
Kita bisa mencegah penularan penyakit Demam Berdarah dengan menerapkan 3 M yaitu pertama adalah menguras dan membersihkan tempat yang sering dipakai sebagai penampungan air seperti bak mandi, ember, air minum, penampung air lemari es dan lain-lain. Kita harus sering membersihkan tempat-tempat tersebut dengan membuang air yang menggenang, menaburkan bubuk abate pada bak mandi.
Kedua, menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air dan lain-lain dan yang ketiga adalah memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang bisa menjadi tempat nyamuk penular DBD berkembang biak.
Untuk penampungan air yang sulit dibersihkan seperti tandon air, bak mandi, kita bisa menaburkan bubuk larvasida. Kegiatan pencegahan lain yang bisa kita lakukan adalah menggunakan obat anti nyamuk, memakai kelambu ketika tidur, memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk, mengatur cahaya dalam rumah dan menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat berkumpulnya nyamuk.

Produk Perlebahan HDI

HDI memiliki produk perlebahan yang disarankan untuk membantu menyembuhkan pasien Demam Berdarah yaitu dengan mengonsumsi Bee Propolis, Propoelix, Royal Jelly liquid, Clover Honey dan Honey Bee Polen dengan takaran sebagai berikut :
Produk perlebahan yang disarankan Anak 2-5 tahun:
Bee Propolis Capsule : 3 X 1 caps – 3 X 2 caps atau Propelix: 3 X 2 caps
Royal Jelly Liquid : 3 X 1/2 sendok takar
Clover Honey : 4 X 1 /2 sendok makan
Honey Bee Polen : 3 X 1/2 tablet, 3 X 1 tablet
Dewasa:
Bee Propolis Tablet : 4 X 2 tablet
Royal Jelly Liquid : 4 X 1 sdt, 4 X 2 sdt
Clover Honey : 4 X 1 sendok makan
Pollenergy520 : 4 X 1 tablet

KAMI HADIR DISELURUH INDONESIA

Wilayah pemasaran produk HDI di Indonesia, dibagi atas 4 Regional, yang bertujuan agar proses pendistribusian Produk HDI lebih merata seluruh Indonesia. Selain itu bertujuan untuk kemudahan proses registrasi menjadi Member HDI, Agen HDI maupun Reseller HDI menjadi lebih mudah.

Regional 1

Regional 1 meliputi seluruh Kota dan Kabupaten diseluruh Pulau Jawa dan Madura.

Regional 2

Regional 2 meliputi seluruh Kota dan Kabupaten diluar Pulau Jawa dan Madura (Non Regional 3 dan Papua).

Regional 3

Regional 3 meliputi kota di Maluku, Tarakan, Aceh, Nusa Tenggara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Gorontalo.

Regional Papua

Regional Papua meliputi seluruh kota di Papua.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on tumblr
Share on digg
Share on stumbleupon
Share on pocket
Share on xing
Share on whatsapp

Contact Me

Saya Paul Stephanus, selaku Enterpriser Bisnis HDI, sangat bangga dan senang bisa bekerja sama menjalankan Bisnis HDI dengan Anda. Bisnis HDI merupakan Bisnis siap pakai, yang didukung dengan Web Replika haloHDI.com dengan system yang terintegrasi dan teroptimasi Google Search Engine Optimizer.

Navigation

Newsletter

Disclaimer

  • Website HaloHDI.com ini bukan web resmi dari Perusahaan PT. Harmoni Dinamika Indonesia, melainkan hanya untuk memudahkan rekan kerja kami selaku member HDI dalam mengembangkan bisnis dan sebagai sarana informasi bagi calon customer kami yang tersebar di seluruh Indonesia.
  • Website ini GRATIS, jadi Tidak ada transaksi keuangan, bonus, refund, atau klaim apapun di bebankan pada kami pengelola website haloHDI.com
  • Bisnis ini tidak cocok bagi pecinta money game atau mereka yang hanya ingin kaya instan tanpa bekerja. Kami TIDAK memberikan janji cepat kaya ataupun garansi atas penghasilan bisnis Anda, karena apa yang didapatkan adalah sangat tergantung pada usaha kerja keras dan kerja cerdas Anda.

Copyright © 2020 paul.halohdi.com All rights reserved​.